Faktor yang Mempengaruhi Diet | Membuat Rencana Program Diet ala HidupIdeal.com Part 3

Membuat Rencana Program Diet ala HidupIdeal.com Part 3

3. Perhatikan Faktor yang Memengaruhi Diet

Kontrol makanan adalah kata kunci dalam diet.aktivitas ini diperlukan manusia  dalam jumlah tertentu (tergantung beberapa faktor) agar kebutuhan tubuh akan energi dan zat-zat gizi lain terpenuhi, sehingga dapat menjalankan fungsinya secara optimal. Zat-zat gizi dalam makanan antara lain berfungsi sebagai berikut.

a. Zat Pembakar

Adalah zat gizi yang menghasilkan asupan energy dan digunakan untuk melakukan kegiatan dan aktivitas fisik. Zat-zat gizi ini antara lain karbohidrat, lemak, dan protein.

b. Zat Pembangun

Adalah zat yang digunakan untuk pertumbuhan dan pemeliharaan jaringan tubuh seperti membentuk sel-sel baru dan mengganti sel yang rusak. Zat-zat gizi ini antara lain protein, air, dan mineral.

c. Zat Pengatur

Adalah zat yang berfungsi untuk mengatur proses oksidasi, keseimbangan air, proses penuaan sel, dan mengatur proses eksresi sisa oksidasi dalam tubuh. Zat-zat gizi ini antara lain protein, vitamin, dan mineral.

Kecukupan tubuh akan zat-zat di atas tentu berpengaruh terhadap perkembangan fisik, mental, kemampuan otak, kemampuan kerja, dan kesehatan tubuh. Maka sudah seharusnya semua orang berusaha untuk memenuhi kebutuhan gizi bagi tubuhnya.

Bagaimana caranya? Tentu saja, salah satunya dengan diet. Problemnya adalah angka kebutuhan gizi antara orang satu dengan yang lain tidaklah sama. Maka dari itu menjalankan program diet tidak boleh dilakukan secara asal dan sembarangan.Mengapa? Tiap-tiap orang mempunyai kebutuhan gizi yang akan dilakukan juga harus berbeda.

Beberapa faktor yang memengaruhi pola diet antara lain sebagai berikut.

a. Jenis kelamin

Jenis kelamin ternyata memengaruhi kebutuhan gizi. Laki-laki biasanya memerluka kalori lebih banyak karena mempunyai massa otot yang lebih besar daripada perempuan. Sedangkan perempuan memerlukan nutrient ferum lebih banyak untuk menggantikan darah yang hilang baik karena menstruasi ataupun persalinan.

b. Usia

Faktor kedua adalah usia. Kebutuhan gizi remaja berada pada angka paling tinggi, karena masa ini adalah masa transisi dari kecil menuju dewasa. Jika kebutuhan gizi remaja tercukupi maka akan menentukan kematangan mereka di umur-umur mendatang.

Selain itu, usia emas untuk pemenuhan nutrisi adalah saat masa-masa kehamilan hingga anak berusia 2tahun. Pada masa ini baiknya ibu hamil dan menyusui memerhatikan asupan makanan secara jeli agar anak terhindar dari problem kurang gizi dan selalu terjaga kesehatannya.Selain itu, kekurangan gizi saat janin dan balita juga berpotensi membuat bayi kurang cerdas, kegemukan, dan risiko terkena penyakit degenerative.

Tabel Kebutuhan Gizi Per Hari Sesuai Jenis Kelamin , Usia, dan Aktivitas

a. aktivitas

semakin banyak aktivitas yang harus dilakukan maka angka gizi yang diperlukan semakin banyak. Tentu saja angka kebutuhan gizi seorang mahasiswa berbeda dengan angka kebutuhan gizi tukang bangunan. Untuk lebih jelasnya dapat anda lihat dalam table yang ada pada bab pedoman berdiet.

b. Hitung Kalori Masing-Masing

Pada bagian atas sudah dipaparkan faktor-faktor yang memengaruhi diet dan kebutuhan kalori. Kira-kira anda sudah bisa menebak bukan apa saja yang harus diperhatikan sebelum memutuskan program diet yang akan dipilih? Untuk menghitung kalori, dapat anda lihat pada bab Pedoman Berdiet.

Faktor yang Mempengaruhi Diet | Membuat Rencana Program Diet ala HidupIdeal.com Part 3

4. Tentukan Jenis Diet dan Pilih Menu Makanan yang Cocok

Nah, ini adalah langkah terkahir dalam menyusun program diet. Tentukan jenis diet yang akan anda lakukan. Setelah mengetahui jumlah kalori yang dibutuhkan dan faktor-faktor yang memengaruhinya, seharusnya anda bisa memutuskan diet apa yang akan diambil dan bahan makanan apa saja yang harus anda konsumsi. Didalam bab-bab kedepan, juga akan dibahas metode diet apa saja yang bisa jadi alternative pilihan anda, seperti diet sesuai golongan darah, zodiac, penyakit, dan jenis-jenis diet ekstrem lainnya.