Mengenal Diet Sehat Menurunkan Berat Badan

Mengenal Diet Sehat Menurunkan Berat Badan

Sesekali, berkacalah di depan cermin. Pandangi bentuk tubuh Anda lekat-lekat, terutama bagian perut dan paha.Apakah bentuk keduanya sudah proporsional?Sudah puas dengan bentuk tubuh Anda?Sudah sesuaikah dengan bayangan tubuh ideal anda?Yakin?

Jika sudah puas dengan bentuk tubuh Anda, janganlah berbangga diri dulu.Bentuk tubuh yang terlihat “normal” ternyata belum tentu normal. Bias saja ternyata tubuh anda tidak atau kurang memenuhi syarat tubuh yang sehat dan ideal. Walaupun tubuh terlihat normal, ternyata beberapa orang bisa tergolong dalam kategori kurus (underweight), gemuk (overweight), praobesitas, atau bahkan obesitas.

diet sehat menurunkan berat badan

Banyak factor yang memengaruhi bentuk badan, salah satunya adalah pola makan yang tidak sehat.Di zaman modern yang menuntut serba cepat ini membuat pola makan orang di dunia berubah drastic.Tidak ada waktu senggang untuk memasak, bahkan mengonsumsi makanan sehat.Maka pilihannya adalah makan makanan seadanya, yang cepat dan praktis.Jika makanan yang masuk dalam tubuh kita tidak terkontrol, baik kualitas maupun kuantitas, bukan tidak mungkin membuat metabolisme tidak berjalan tidak sempurna. Saat metabolism tidak berjalan lancar maka hasilnya adalah bentuk tubuh yang janggal: terlalu kurus dan kegemukan. Selain itu, terlalu kurus dan kegemukan ini juga dipicu oleh beberapa factor antara lain:

  • Faktor Keluarga

Tidak bisa dipungkiri bahwa bentuk badan seorang anak akan dipengaruhi oleh genetic orangtua dan “leluhurnya”. Proses pewarisan gen mempunyai pengaruh 33% terhadap bentuk tubuh (kurus,  normal, atau obesitas ). Tetapi, jangan melupakan kenyataan bahwa pola makan dan pola hidup yang diajarkan sejak kecil dalam keluargalah yang mempunyai pengaruh lebih besar.

  • Faktor Fisiologis

Adalah faktor yang erat kaitannya dengan kondisi fisik.Sebagai contoh, ibu hamil, menopause dan ketidakseimbangan hormon, anak-anak masa pertumbuhan, dan atlet.Faktor fisiologis bisa disebut sebagai “faktor kondisi luar biasa”.

  • Faktor psikologis

Faktor psikologis lebih mengacu pada emosi orang per orang. Dalam beberapa kasus, orang yang stress akan mencari pelampiasan dengan cara makan berlebihan, sehingga mengakibatkan obesitas. Tidak sediki pula orang-orang yang menjadi tidak doyan makan saat stress, sehingga berat badannya merosot.