Perihal Kegemukan dan Kurus Badan yang Perlu Anda Ketahui

Perihal Kegemukan dan Kurus Badan yang Perlu Anda Ketahui

Terlalu kurus (underweight) bukan berarti tidak berlemak dan tidak memiliki risiko terserang diabetes dan jantung. Beberapa dari mereka menimbun “cadangan lemaknya” dalam organ-organ vital seperti jantung, pancreas, dan liver.Jika kerja organ-organ ini harus diberatkan dengan adanya kehadiran lemak, maka bisa jadi system kerja tubuh terganggu secara keseluruhan. Dalam kedokteran, orang-orang dengan tipe seperti ini disebut dengan istilah TOFI(thin outside, fat inside). Menjaga “kenormalan” berat tubuh dengan berdiet tidak berarti tanpa disertai dengan olahraga.

Selain dipengaruhi oleh faktor keturunan, fisiologis, dan psikologis, kondisi underweight juga dipengaruhi oleh kekurangan kuantitas dan kualitas makanan, serta penyakit kronis yang menyebabkan gangguan penyerapan nutrisi.

Di sisi lain, obesitas atau kegemukan juga menjadi sebuah ancaman bagi manusia-manusia modern yang dimanjakan dengan “makanan-makanan mematikan”. Penderita obesitas memiliki berat badan dan tinggi badan yang tidak proporsional.Perlu diperhatikan, kondisi obesitas tidak berlaku bagi perempuan hamil, atlet, dan anak-anak yang berada pada masa pertumbuhan.

Tidak dapat dimungkiri bahwa setiap orang memiliki kebutuhan akan lemak untuk menyimpan energy, penyerap guncangan, penyekat panas, dan lain-lain. Namun, kebutuhan lemak juga harus berimbang dengan berat badan.Sebagai perbandingan normal antara berat badan dan kebutuhan lemak dalam tubuh adalah 25%-30% bagi perempuan dan 18%-23% bagi laki-laki.Melebihi batas tersebut, sudah bisa masuk dalam kategori obesitas.

Kegemukan terjadi karena menimbunnya lemak dalam tubuh.Penyebaran lemak dalam tubuh tiap orang juga berbeda-beda bergantung pada produksi hormone reproduksi. Berdasarkan penyebaran lemak dalam tubuh, kegemukan dibagi menjadi dua tipe:

Perihal Kegemukan dan Kurus Badan yang Perlu Anda Ketahui

1. Gemuk buah apel  (apple shape)

Lemak terkumpul pada wajah, leher, pundak, dada dan perut.Gemuk buah apel biasanya menyerang laki-laki.Mengapa?Produksi hormone testosterone pada laki-laki membuat penyebaran lemak cenderung terjadi di sekitar perut dan menghambat penyebaran lemak di sekitar paha dan pantat.

Kelebihan     : mudah menurunkan berat badan ke kondisi normal

Kekurangan : lebih beresiko menderita penyakit akibat gangguan metabolism lemak, penyakit jantung, stroke, diabetes mellitus, gangguan ginjal, dan kanker.

2. Gemuk buah pir (pear shape)

Lemak terkumpul pada pinggul, pantat, dan paha.Gemuk buah pir biasanya terjadi pada perempuan.Produksi hormone estrogen merangsang penimbunan lemak pada tubuh bagian bawah sehingga menghambat penyebaran lemak pada tubuh bagian atas.

Kelebihan      : risiko terkena penyakit berat lebih sedikit dibandingkan tipe gemuk buah apel

Kekurangan : lebih sulit menurunkan berat badan ke kondisi normal.