Rumusan Tubuh Ideal Pria dan Wanita Part 1

Rumusan Tubuh Ideal Part 1

Secara kasatmata, bentuk tubuh bisa dikelompokan menjadi 3 tipe, yaitu ectomorph, mesomorph, dan endomorph. Tipe ectomorph mempunyai ciri-ciri antara lain, tubuh tiggi, bentuk leher yang panjang dan ramping, pergelangan tangan dan kaki yang kecil. Pemilik tipe bentuk tubuh seperti ini terlihat lurus dan kurus karena bentuk pundak, pinggul, dan pinggang yang kecil.Namun, tipe ectomorph memiliki system metabolism yang sempurna sehingga lebih mudah menghilangkan lemak.

Bentuk tubuh tipe mesomorph terlihat yang paling ideal.Ia memiliki tubuh layaknya jam pasir dengan pinggang kecil, bahu bidang, dan cenderung berotot. Orang dengan bentuk tubuh tipe mesomorph memiliki sisem metabolism yang juga baik dan tidak berlebihan seperti tipe ectomorph.

Tipe endomorph memiliki bentuk tubuh seperti buah pir.Biasanya cenderung berlemak dan gemuk, mempunyai pipi yang bulat, pinggul yang besar, dan memiliki kaki dan tangan yang cenderung pendek.

Memiliki bentuk tubuh yang ideal tentu menjadi harapan semua orang, selain sebagai penunjang penampilan, dengan berat badan yang ideal konon Anda akan lebih sehat. Namun, bentuk tubuh yang tak terlihat ideal pun ternyata bisa masuk kedalam kategori sehat dan normal. Bagaimana cara mengetahui kondisi tubuh Anda yang sebenarnya? Hitunglah IMT (indeks Massa Tubuh). Perlu diketahui bahwa IMT berbeda dengan berat badan. Mengukur IMT adalah cara yang paling efektif untuk mngetahui kategori tubuh kita, apakah kurus, gemuk, atau normal. Jika Anda sudah mengetahui kondisi tubuh anda tentu saja penyelesaian untuk mendapatkan proporsi tubuh normal bukanlah hal yang sulit.Lantas bagaimana rumus menghitung IMT?

IMT = Berat Badan (Kilogram)

Tinggi Badan x Tinggi badan (meter)

Sebagai contoh, anda memiliki tinggi badan 1.65 m dan berat badan 58 kg.maka penghitungan IMT nya adalah sebagai berikut :

IMT=58         = 21.30

1.65 X 1.65M

Dari perhitungan di atas, anda memiliki IMT sebesar 21.30.kika mengacu pada standar WHO (World Health Organization), maka IMT anda masuk dalam kategori berat badan normal. Menurut WHO, indeks massa tubuh digolongkan dalam beberapa kriteria berikut :

Tabel kategori indeks massa tubuh

Rumusan Tubuh Ideal Pria dan Wanita part 1

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Sekarang, coba hitung IMT anda, apakah ada termasuk kategori kurus, normal, atau obesitas?Bersyukurlah ketika hasil IMT anad berada pada posisi kategori normal.Anda tidak perlu bersusah payah dan hanya perlu mempertahankan IMT yang normal.Caranya? Tentu saja ada banyak cara yang bisa ditempuh agar IMT tetap berada dalam kategori normal.  Peliharalah pola hidup yang baik, seperti makan makanan yang sehat, tidur yang teratur, dan lain-lain.