Rumusan Tubuh Ideal Pria dan Wanita Part 2

Rumusan Tubuh Ideal Pria dan Wanita Part 2

Jika anda masuk dalam kategori kurus atau gemuk, anda harus melakukan usaha ekstra untuk mendapatkan IMT yang normal.Ketika mengetahui kondisi tubuh anda dalam kategori kurus atau gemuk, seharusnya anda segera menyadari bahwa keduanya sama-sama tak baik bahi kesehatan tubuh, penampilan, hingga psikologis. Sebagai contoh, orang kurus akan terlihat tidak terurus karena makanan yang mereka konsumsi tidak terserap dengan baik di dalam tubuh.

Tak jauh berbeda dengan orang gemuk, biasanya kegemukan terjadi karena kurang bisa mengontrol konsumsi makanan dan gaya hidup yang kurang gerak. Berbagai macam penyakit mengancam penderita kegemukan atau obesitas, misalnya diabetes mellitus, hipertensi, kelebihan kolesterol, dan lain-lain.Belum lagi masalah psikologis yang muncul, misalnya tingkat kepercayaandiri yang rendah. Tetapi apa salahnya meningkatkan kepercayaan diri dengan mengidealkan bentuk tubuh?

Rumusan Tubuh Ideal Pria dan Wanita Part 2

Sayangnya, rumus IMT mempunyai kelemahan tersendiri, yaitu tidak dapat membedakan apakah berat badan berasal dari lemak, tulang, atau otot, sehingga IMT tidak dapat menggambarkan penyebaran lemak pada tubuh seseorang. Cobalah bandingkan, biasanya laki-laki mempunyai bobot berat badan yang lebih besar disbanding  perempuan. Namun, justru perempuanlah yang lebih banyak menimbun” lemak daripada laki-laki.

Selain itu, rumus IMT juga tidak bisa diaplikasikan pada orang-orang dengan kondisi tertentu, misalnya ibu hamil, bayi atlet, dan penderita penyakit tertentu (pembesaran hati, adanya cairan dalam perut, pembengkakan tubuh) .mengapa IMT tidak bisa pada orang-orang ini? Karena hasil IMT yang diperoleh bukanlah kondisi sebenarnya dan hanya gambaran semu.

Ada cara yang lebih mudah untuk mengetahui apakah tubuh anda masuk dalam kategori kurus, normal, atau gemuk. Cobalah mengukur lingkar pinggang anda.Caranya berdiri tegak dan letakkan meteran tepat berada diatas pusar.Ingat, hindari “kecurangan” mengecilkan perut. Laki-laki yang memiiki lingkar pinggang kurang dari 90cm termasuk kategori normal dan langsing, sedangkan perempuan normal dan langsing akan memiliki ukuran lingkar pinggang kurang dari 80cm. jika ukuran lingkar pinggang laki-laki lebih dari 90cm dan perempuan lebih dari 80cm, maka sudah bisa dipastikan ia mengalami sindrom metabolik. Penderita kelainan sindrom metabolic cenderung mempunyai badan yang gemuk dan rentan terkena penyakit kolesterol, darah tinggi, dan serangan jantung.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan agar IMT anda termasuk dalam kategori normal diet, salah satunya.