Zona Diet Instan Indonesia | Menu Plan

Zona Diet Instan Indonesia

Zona diet merupakan diet yang sudah lama. Diet ini pertama kali dipopulerkan oleh Dr.Barry Sears. Ia pula yang kemudia menulis buku berjudul “Enter The Zone”. Bagi anda yang barangkali sudah mengenalnya, diet ini dikenal sebagai diet 40-30-30. Ketiga susunan tersebut sangat penting bagi yang ingin melakukan zona diet. Apakah maksud dari 40-30-30 ini?

Angka tersebut berkaitan dengan jumlah karbohidrat , protein, serta lemak taj neuh yang dapat dikonsumsi. Perhitungan diatas dapat dirinci kembali menjadi 40% untuk karbohidrat, 30% untuk protein , serta 30% untuk lemak tak jenuh. Oleh karena itulah diet ini dinamakan zone diet.

Angka 40-30-30 barangkali terlihat menakutkan jika dilihat dari aktivitas tubuh dalam sehar. Namun, perhitungan tersebut bukan tanpa tujuan. 40% karbohidrat akan cukup jika protein dan lemak tak jenuh juga terpenuhi. Jika keduanya tidak terpenuhi, maka 40% karbohidrat sangatlah kurang.

Kemudian 30% lemak dimaksudkan agar tubuh tidak menyimpan banyak lemak, sehingga berat badan pun menurun. Sedangkan, lemak tak jenuh sejumlah 30% berfungsi membuat perut tetap merasa kenyang. Perhitungan tersebut sudah menjadi patokan dalam zona diet.

Meskipun menggunakan perhitungan yang terperinci, diet ini banyak diminati. Zone diet bila dilakukan secar benar dapat membantu mengurangi berat tubuh hingga 1,5kg per minggu. Dengan kata lain, seseorang yang melakukan zone diet akan kehilangan berat tubuh mencapai 6 kilo setiap bulan.

Kelebihan zone diet yakni mampu mengurangi berat tubuh dalam jumlah yang banyak setiap minggunya. Diet ini juga menekan nafsu makan, sehingga orang yang melauka zone diet dengan sendirinya akan terkontrol pola makannya.

Zone diet juga mempunyai kelemahan yakni bagi orang yang melakkan banyak aktivitas, asupan 40% karbohidrat tidak akan cukup. Jika terus memaksakan maka ia akan menjadi lemas serta mudah lelah. Selain itu, zone diet terhitung diet yang rumit. Penemunya, Dr.BaRrry mempunyai buku untuk mengatur jumlah karbohidrat, protein, dan lemak tak jenuh.

Salah dalam perhitungan sedikit saja, maka program diet tidak akan berjalan maksimal. Oleh karena itu, perlu kehati-hatian dalam menjalankan zone diet. Berhati-hati dalam menjaga asupan makanan, mematuhi menu yang sudah dianjurkan, serta perhitungan 40-30-30 yang tepat.

Zona Diet Instan Indonesia Menu Plan