9 Sistem Tubuh Manusia dan Fungsinya

9 Sistem Tubuh Manusia dan Fungsinya

Sekilas Tentang Mesin Manusia

Tubuh manusia adalah sebuah mesin yang canggih ciptaan Tuhan yang tiada uanya. Ribuan mesin, robot, super computer yang diciptakan manusia tidak ada satu pun yang dapat menyamai kehebatan mesin manusia.

Bagaimana Mesin Manusia Tersusun?

Tubuh manusia tersusun dari kurang lebih 75 triliun sel yang selalu bekerja, mempunyai tugas masing-masing, dan dapat bekerja sama-sama dengan system manajemen yang luar biasa. Siapakah top manager yang mengatur semuanya? Tak lain adalah super computer yang luar biasa canggihnya, yaitu otak manusia.

Otak manusia kurang lebih tersusun dari 10 miliar kompleks, tetapi hebatnya bisa bekerja secara bersama-sama dan tahu tugasnya masing-masing, serta bekerja secara otomatis dengan kecepatan yang sangat menakjubkan. Otak mengatur dengan otomatis bagaimana jantung harus berdenyut, paru-paru mengambil oksigen dari udara, mengatur system pencernaan, mengeluarkan enzim-enzim pencernaan yang dibutuhkan dengan jumlah yang tepat saat makanan masuk, mengatur system pertahanan tubuh melawan penyakit, dan banyak lagi. Semuanya berjalan secara otomatis dengan irama yang teratur.

Sel-sel tubuh dengan fungsi yang sama bergabung membentuk jaringan dan jaringan yang sama fungsinya membentuk organ tubuh, antara lain: jantung, paru-paru, ginjal, hati dan lainnya. Beberapa organ bekerja sama membentuk system organ, ada banyak system organ dalam mesin manusia, antara lain:

  1. System saraf

Terdiri dari otak dan sumsum tulang belakang, serta jaringan saraf yang tersebat di seluruh tubuh. Jaringan saraf mengatur setiap aktivitas tubh dan merupakan pusat kendali semua kegiatan dan respons tubuh.

Ada dua jenis system saraf, yaitu:

  • System saraf otonom, yang bekerja secara otomatis tanpa bisa diperintah secara sadar, misalnya pengaturan pernapasan, denyut jantung, pencernaan makanan, pengeluaran enzim, hormone, dan sebagainya. System saraf otonom merupakan kunci otomatisasi mesin tubuh manusia.
  • System saraf motorik yang bisa diperintah secara sadar, misalnya otot-otot rangka yang bisa kita perintah untuk digerakkan kemana dan seperti apa.
  1. Sistem Sirkulasi

Terdiri dari jantung, pembuluh darah, darah, dan system peredaran limfa. System sirkulasi berfungsi mengangkat zat-zat yang dierlukan oleh tubuh dan mengambil zat-zat yang tidak diperlukan untuk dikeluarkan dari tubuh.

  1. Sistem Pernafasan

Terdiri dari saluran pernapasan, mulai dari rongga hidung, pangkal tenggorokan, dan paru-paru. Fungsinya adalah untuk memasukan oksigen ke dalam tubh dan mengeluarkan zat sisa metabolism berupa karbon dioksida dan uap air ke luar tubuh.

  1. System Pencernaan

Terdiri dari saluran pencernaan, mulai dari mulut, kerongkongan, lambung, usus dua belas jari, usus halus, usus besar, sampai ke lubang pembuangan anus. Selain itu, system pencernaan juga dibantu oleh kelenjar-kelenjar yang membantu pencernaan, seperti kelnjar ludah, kelnjar pancreas, dan hati yang menghasilkan empedu. Fungsi system pencernaan adalah untuk memceah makanan yang masuk menjadi sari-sari maknan yang siap dipakai oleh tubuh.

  1. System Eksresi

System ini mengatur penegluaran zat sisa metabolism ke luar tubuh: urin yang dikeluarkan melalui ginjal; keringan yang dikeluarkan melalui kulit; empedu yang dikeluarkan melalui hati; gas karbon dioksida dan uap air yang dikeluarkan melalui pernapasan. Selain itu, ada juga pengeluaran zat sisa pencernaan berupa tinja yang dikeluarkan melalui anus. Fungsi system eksresi ini penting karena zat sisa bisa meracuni tubuh jika tidak dikeluarkan.

  1. Sistem Endokrin

System ini berfungsi memproduksi hormone-hormon yang mengatur pertumbuhan dan keseimbangan cairan dan elektrolit system tubuh. System endokrin ini terdiri dari, kelenjar hipofisis yang terletak di dasar otak besar dan merupakan kelenjar yang terbesar sebagai pengatur aktivitas kelenjar yang lainnya, kelenjar gondok, kelenjar anak gondok, kelenjar anak ginjal, kelenjar pancreas, kelenjar kelamin, dna kelenjar timus.

  1. System Otot

Terdiri dari:

  • Otot Polos

Terdapat pada organ-organ dalam tubuh seperti usus, dinding pembuluh darah, paru-paru, dan lainnya. Otot ini bekerja otonom tanpa bisa diperintah secara sadar.

  • Otot Jantung

Hanya terdapat di jantung, juga bekerja otonom tanpa bisa diperintah secara sadar.

  • Otot Rangka

Merupakan oto anggota gerak dan tubuh yang gerakannya bisa diperintah secara sadar

  1. Sistem Rangka

Berfungsi melindungi organ-organ dalam tubuh, serta tempat melekatnya otot dan sumsum tulang sebagai tempat pembentukan sel darah.

  1. Sistem Reproduksi

System organ yang berfungsi mendukung reproduksi.

  • Sistem Integumen

Berfungsi  melindungi struktur dalam tubuh dari kerusakan, mencegah kehilangan caitran, dan menyimpan lemak. Yang termasuk dalam system ini adalah kulit, kuku, rambut, dan kelenjar keringat.

  • Sistem Kekebalan Tubuh

Berfungsi melindungi tubuhdari kuman penyakit seperti virus, bakteri, parasit, jamur, atau benda asing yang berbahaya bagi tubuh.

Semua system dalam tubuh mansia bekerja sama dan saling tergantung satu denganyang lain. Gangguan pada salah satu system akan memengaruhi istem yang lain. Misalnya, jika paru-paru berhenti memasukkan oksigen, maka otak akan ursak dan seluruh tubuh akan mati. Atau, jika jantung berhenti memompa darah, semua sel-sel tubuh, termasuk otak, tidak endapat makanan dan oksigen sehingga akan mati. Jika ginjal rusak, pengeluaran urin terganggu sehingga urea yang tidak bisa dibuang akan meracuni tubuh dan bisa mengakibatkan kematian. Semua system tubuh penting dan perlu dijaga dengan baik.

 

Apakah Mesin Tubuh Manusia Juga Perlu Dirawat Seperti Mesin Lainnya?

Walaupun tubuh manusia adalah sebuah mesin yang sangat luar biasa dan semua proses berjalan otomatis, tetapi seperti juga dengan mesin-mesin lainnya, mesin tubuh manusia dapat rusak oleh berbagai sebab. Penyakit-penyakit infeksi, seperti infeksi bakteri, virus, parasit, jamur, maupun pola hidup kita yang salah dapat merusak mesin tubuh manusia. Apa yang kita makan dan minum, udara yang kita hirup, serta pola hidup kita yang tidak sehat dapat mengganggu system tubuh kita. Sebuah mesin yang terawat tentu akan lebih sehat dan panjang umurnya daripada yang tidak terawatt.