Bisakah Manusia Melewati Batas Umur | Definisi Telomere

Bisakah Manusia Melewati Batas Umur | Definisi Telomere

Bisakah Manusia Melewati Umur Maksimalnya?

Dengan kemajuan teknologi, rekayasa genetika, dan penelitian-penelitian yang terus dilakukan, bukan tidak mungkin jika suatu saat nanti umur maksimal manusia akan dilewati. Maka, semakin banyak manusia yang berumur di atas 100 tahun yang tetap sehat dan awet muda.

Jika Umur Maksimal Manusia adalah 120-125 tahun, Berapa Umur Maksimal Kita Sendiri?

Selain factor makanan dan gaya hidup serta factor lainnya, umur manusia terkait dengan gen. fator genetic menentukan apakah seorang manusia berumur panjang atau bermur pendek. Ketika seseorang bayi dilahirkan, ia telah membawa sifat genetic yang diwariskan dari kedua orangtuanya, termasuk umur biologisnya, beberapa tahun terakhir, dunia mengalami perkembangan pesat dengan ditemukannya TELOMERE yang dapat memperkirakan sisa umur manusia secara ilmiah.

Apa itu Telomere?

Tubuh manusia terdiri dari system organ yang dibentuk dari organ-organ tubuh. Organ dibentuk oleh jaringan dan jaringan dibentuk dari sel-sel tubuh. Dalam sel tubuh terdapat nucleus (inti sel) dan di dalam nucleus terdapat kromosom yang merupakan pembawa sifat genetic manusia.

“telomere adalah ujung kromosom, yang digambarkan sebagai plastic pada ujung tali sepatu, yang melindungi kromosom agar tidak rusak.”

Pada oktober 2009, 3 ilmuwan asal Amerika, Elizabeth Blackburn, Carol Greider, dan Jack Szostak memperoleh hadiah novel dalam kedokteran atas penemuan telomere kromosom dan enzim telomerase yang meletakkan dasar-dasar pengobatan kanker masa depan dan memcahkan masalah penuaan.

Harapan hidup manusia tertulis dalam DNA, tergantung pada berapa panjang telomere yang dimiliki. Semakin panjang telomerenya, semakin panjang umurnya. Telomere mencegah kromosom dari kerusakan dan beperan penting dalam pembelahan sel. Untuk tumbuh dan mengganti bagiannya yang rusak, sel harus menduplikasi (membelah) diri, telomere sel akan memendek. Semakin bertambah usia, telomere makin memendek dan sampai suatu saat sel akan mati atau berubah menjadi sel kanker.

Tiap manusia dilahirkan dengan panjang telemeter tertentu sesuai dengan genetiknya dan menentukan berapa lama dia bisa hidup di duani. Kemampuan manusia menjaga panjang telomerenya menenutkan apakah ia dapat mencapai umur maksimalnya.

“secara teori, penuaan dapat diperlambat dengan dua cara, yaot:

  1. Memperpanjang telomere
  2. Mempelambat pemendekan telomere”

Pemendekan telomere dapat dipercepat dan diperlambat. Sampai saat ini, belum ada obat atau tindakan yang dapat memperpanjang telomere. Usaha-usaha untuk memperpanjang telomere masih dalam penelitian yang intensif. Jika suatu ketika ditemukan obat yang dapat memperpanjang telomere, proses penuaan akan dapat dicegah, manusia akan tetap awet muda dan tidak meninggal. Bahkan, mungkin bisa membalikkan keadaan; orang tua yang telomerenya pendek diberi obat untuk memperpanjang telomerenya sehingga ia kembali menjadi muda, organ-organ tubuh normal kembali, dan otaknya tumbuh kembali. Mungkin gak ya?

Bisakah Manusia Melewati Batas Umur Definisi Telomere

Beberapa factor yang saat ini diketahui dapat memperndek telomere, antara lain:

  • Stress psikis
  • Depresi
  • Obesitas
  • Merokok
  • Pesimis

Selain itu juga diketahui beberapa factor yang dapat memperlambat pemendekan telomere (memperpanjang umur), yaitu:

  • Olahraga
  • Antioksidan
  • Omega 3
  • Vitamin D3
  • Tidak merokok
  • Mengurangi stress
  • Mengurangi depresi
  • Mengurangi pesimistis
  • Hidup bahagia

Jika kita analogikan, telomere ibarat pulsa handphone. Handphone yang baru diberli diisi pulsa 120 ribu rupiah. Pada pemakaian normal, pulsa terpakai seribu rupiah per hari, sehingga masa habis pulsa tersebut adalah 120 hari. Pulsa akan cepat habis bila kita boros dan tidak mengontrol pemakaian atau pulsa dicuri oleh pihak lain, sehingga masa aktifnya jadi memendek.

Untuk tetap mempertahankan masa aktifnya hingga 120 hari, maka kita harus betul-betul mengawasi pemakaian pulsa kita dan mencegah pencurian pulsa, demikian juga yang perlu kita lakukan pada telomere kita.

“untuk memperpanjang umur, kita harus menghindari factor-faktor yang bisa memperndek telomere dan menjalankan factor-faktor yang bisa memperlambat pemendekan telomere.”