Cara Mencegah Mal Praktek: Ciptakan kerjasama yang baik antara pasien dan dokter

Cara Mencegah Mal Praktek: Ciptakan kerjasama yang baik antara pasien dan dokter

Yang namnya human error tidak bisa dipungiri dapat terjadi kapan saja dan dimana saja. Meski demikian, misdiagnosis dapat kita tekan dengan cara sebagai berikut:

  1. Menceritakan secara lengkap kepada dokter mengenai penyakit anak
  2. Jika anak sudah dapat berkomunikasi, usahakan anak yang menjawab pertanyaan dokter, atau mengatakan setuju ataupun tidak setuju terhadap informasi yang anda katakan ke dokter.
  3. Orang tua biasnaya memiliki insting kuat terhadap ankanya. Demikian juga dengan pengasuh. Jika merasa ada sesuatu yang salah atau menduga dokter salah mendiagnosis penakit anak, segera hubungi kembali doker yang bersangkutan
  4. Orang tua yang berikap tenang dan terkendali saat membawa anak ke dokter, dapat membuat anak menjadi lebih kooperatif dan dokter lebih mudah meakukan pemeriksaan. Yakinkan anak bahwa dokter mencoba membantunya, bukan mau menyakitinya dengan suntikan dan lain-lain.
  5. Setia pada satu dokter juga akan membantu, karena dokter talh mengetahui dan mencatata semua riwayat imunisasi dan penyakit anak anda. Jika perlu, gunakan jasa doker keluarga, sehingga dokter juga mengetahui riwayat kesehatan keuarga anda.
  6. Hubungi dokter atau control jika diminta atau penaykit tidak kunjung membaik, timbul gejala baru, atau anda curiga kondisi anak berambah buruk.

cara mencegah malpraktik