Cara Mengatasi Bungkuk Pada Anak | Atasi Sebelum Terlambat

Cara Mengatasi Bungkuk Pada Anak

Aktivitas fisik yang dilakukan dengan tehnik yang salah secara terus-menerus, akan dapat menganggu kesehatan tulang bekakang. Berikut cara mencegah dan mengatasinya:

  1. Tegakkan unggung anda

dalam posisi beridiri, duduk, berjalan maupun posisi tidur, pastikan punggung belakang tegak (lurus). Seringkali remaja menekuk punggung saat duduk untuk mengurasi rasa nyeri di bagian punggung bawah. Hal ini akan memengaruhi postur tubuh.

  1. Lakukan peregangan

Jika anda lelah duduk dengan posisi punggung yang lurus dengan kepala. Lakukanlah pergangan dengan cara membungkukkan kepala secara perlahan-lahan. Ini membantu menghilangkan rasa nyeri di punggung bagian bawah. Lakukan cara ini sesering mungkin. Tetapi tidak tertahankan, sandarkan lah punggung di kursi beebrapa menit. Rebahan lebih dianjutkan ketimbang membungkukkan badan saat duduk.

  1. Kendorkan otot-otot leher

Saat duduk dengan posisi lurus, secara tidak sadar leher akan terasa nyeri. Ketika leher menegang dan nyeri, doronglah kepala ke bagian atas dan bawah dengan menggunakan telapak tengan. Selain itu, anda juga dapat memutarkan kepala 360 derajat. Rileks dan ulangi tiga sampai empat kali

  1. Kurangi mengangkat bebas berat

Mengangkat beban berat di bagian bahu dapat menyebabkan bungkuk. Angkat beban dengan menggunakan tangan kanan dan kiri.

  1. Berbaring di lantai yang lurus

Pastikan semua bagian tubuh lurus, tidak ada yang ditekuk. Tepatkan tangan kanan dan kiri di sebelah badan. Secara perlahan, tekan otot pantat dan angkat dada ke atas. Semakin tinggi posisi dada terangkat semakin baik. Tetapi ingat, jangan memeksakan diri karena bisa menyebabkan tulang punggung patah. Lakkan gerakan ini 8-10 kali sehari ini dapat menghiangkan kebungkukan tulang belakang.

Cara Mengatasi Bungkuk Pada Anak