Hidup Tidak Harus Sakit | Bagaimana Cara Mencegah Berbagai Penyakit Berbahaya?

Apa Itu Penyakit? Bagaimana Cara Mencegah Berbagai Penyakit Berbahaya

Siklus Kehidupan

Lahir ke dunia adalaha mugerah yang luar biasa dari Allah swt. Betapa ajaib, dari jutaan sperma hanya satu yang dipilih untuk dapat membuahi sel telur. Sembilan bulan berlalu, lahirlah seorang manusia. Kita adalah salah satu manusia yang terpilih dari jutaan lainnya untuk hidup bersama miliaran manusia di dunia ini. Apa tujuan hidup kita? Untuk apa kita dilahirkan ke dunia ini? Adakah misi khusus yang harus dijalankan dalam hidup ini? Tidak ada seorang pun yang tahu kecuali nabi dan utusannya.

Namun, setiap orang pun memiliki interpretasi masin-masing. Namun yang jelas, dalam hidup ini kita harus berjuang untuk mempertahankan hidup.

Meninggal dunia bisa terjadi kapan saja di setiap tahapan, baik saat janin dalam kandungan ataupun pada usia yang sudah tua sekali. Siklus ini tidak bisa diubah. Semua manusia yang dilahirkan pasti akan mati. Yang mungkin bisa diusahakan adalah bagaimana memperlambat penuaan, merawat diri agar jangan sampai meninggal di usia dini.

Dalam setiap tahap, manusia sering mengalami keadaan yang disebut sakit. Karena seringnya terkena penyakit, sakit bahkan sudah dianggap hal yang biasa. Padhal, sakit tidaklah “wajib” dalam siklus kehidupan manusia. Tidak ada ketentuan berapa kali dalam hidupnya seorang manusia harus jatuh sakit. Hanya ada ketentuanbahwa manusia dilahirkan satu kali, jadi bayi satu kali, remaja, dewasa, menjadi tua, dan meninggal dunia hanya satu kali. Jadi, sakit tidak termasuk ke dalam siklus kehidupan.

Hidup Tidak Harus Sakit Bagaimana Cara Mencegah Berbagai Penyakit Berbahaya

Apa itu Sakit?

Sakit dapat diartikan sebagai kondisi abnormal system tubuh atau organ tubuh di luar standar normal yang telah ditetapkan, baik fisik maupun psikis. Misalnya jika suhu tubuh naik menjadi 38 derajat C dikatakan demam, tekanan darah 160/90 mmHg disebut tekanan darah tinggi

Dalam kehidupan sehari-hari, kita melihat orang yang benar-benar kelihatan sakit dan terbaring lemah di kamar rumah sakit. Namun, banyak orang yang kelihatannya sehat, bisa bekerja, bermain, bercanda, ternyata menderita penyakit yang berbahaya. Contohnya orang yang menderita penyakit darah tinggi, jantung koroner, dan kencing manis yang berpenampilan sehat dengan tubuh gemuk pertanda kemakmuran.

Bisakah Sakit Dicegah?

Kita mengenal berbagai jenis penykait yang sering ditemukan, antara lain, infeksi saluran napas atas,diare, demam berdarah, tifus, malaria, darah tinggi, stroke, diabetes, jantung koroner, kanker payudara, kanker hati, kanker paru-paru, dan banyak lagi.

Tampak bahwa penyakit yang sering ditemukan dapat digolongkan dalam dua golongan besar, yaitu penyakit infeski serta penyakit gangguan metabolism dan penuaan, yangsebenarnya bisa dicegah. Megapa tidak mencegahnya? Mengapa harus sakit?

Mungkin kita tidak menyadari bahwa sakit adlah pintu gerbang menuju kematian. Bila sakit tidak kunjung sembuh ujungny aadalah akhir khidupan manusia. Pencegahan jauh lebih penting dari pengobatan. Beberapa penyakit, meskipun bisa diobati, sering menimbulkan cacat yang permanen. Misalnya stroke dan infeksi otak.

Bisakah penyakit dicegah? Bisa. Umumnya penyakit-penyakit genetic atau yang diturunakn tidak bisa di cegah, tetapi dapat dijaga agar dapat hidup normal berdampingan dengan penyakit tersebut