Penyakit Bulimia Nervosa: Muntah karena merasa bersalah

Penyakit Bulimia Nervosa: Muntah karena merasa bersalah

Gangguan makan ini mulanya ditandai dengan makan tanpa kendali, diikuti dengan memuntahkan kembali makanan secar dipaksa, serta olahraga atua mengonsumsi obat pencarah secara berlebihan.

Baik acara makan besar dan muntahnya dilakukan secara sembunyi-sembunyi. Akibatnya timbul perasaan beralah, malu dan hilang kendali.

Sama seperti anoreksia, bulimia juga dapat menimbulkan masalah kesehatan, seperti gangguan saluran cerna, dehidrasi, dan gangguan jantung akibat ketidakseimbangan elektrolit.

Lalu apada bedanya bulimia dengan anoreksia?

Penderita bulimia biasnaya bisa tetap memiliki tinggi dan berat badan yang normal. Namun seperti anoreksia, ia sangat takut berat badannya naik, ingin sekali menurnunkan berat badan, dan sangat tidak menyukai bentuk dan ukruan tubuhnya. Penderitanya dapt tampak sakit karene amuntah setiap kali sesudah makan.

Oleh karena itu, ia juga mulai menghindari acara-acara social, seperti berkumpul bersama tean, sekolah ataupun juga bekerja.

Apa bila kamu memiliki masalah ini, segera konsultasikan baik ke dokter atau psikolog dan jgua tangani dengan program diet yang tepat. Salah satunya dengan program diet sehat smart detox.

penyakit Bulimia Nervosa