Awas Diabetes Melitus Insipidus Tipe 2 Kering Menempati Posisi 3 Dunia Penyakit

Awas Diabetes Melitus Insipidus Tipe 2 Kering Menempati Posisi 3 Dunia PenyakitAwas Diabetes Melitus Insipidus Tipe 2 Kering Menempati Posisi 3 Dunia Penyakit

Jumlah penderita diabetes di dunia semakin memprihatinkan dan diperkirakan akan mencapai 552 juta orang yang menderita diabetes pada 2030. Berdasarkan data dari IDF (Internasional Diabetes Federation) pada 2012, lebih dari 371 juta penduduk dunia menderita diabetes, hal ini menjadikan diabetes dikategorikan sebagai Negara ketiga terbesar di dunia.

“Diabetes pada dasarnya dapat dicegah, pencegahannya dapat dilakukan dengan pemahaman yang tinggi mengenai diabetes, olahraga teratur sertagizi seimbang” – Dr. Roy Panusunan Sibarani, SpPd-KEMD, FES, Kepala Klinik Edukasi Diabetes RS Pantai Indah Kapuk, padaacara SOHO.

Beberapa gejala yang munculketikaseseorang mengidap diabetes adalah:intensitas buang air kecil yang sering, penurunan berat badan secara tepat, tubuh cepat merasa letih dan merasa sangat haus. Apabila menemukan gejala tesebut, disarankan untuk segera memeriksakan diri ke dokter.

Tapi, pada diabtets tipe 2, beberapa gejala di atas sulit terlihat atau bahkan tidak muncul. Oleh karena itu pemeriksaan diabetes secararutin minimal sekali setahun sangat diperlukan untuk mendeteksi diabetes.

Dr. Roy menjelaskan, untuk mencegah penyebaran penyakit diabetes,ada beberapa langkah yang dapat dilakukan yaitu: meningkatkan pemahaman mengenai dibates dan penyebabnya, olahraga teratur, menurunkan berat badan,pemeriksaan rutin, gizi seimbang dan istirahat yang cukup.

Sumber: Majalah Kesehatan Dokter (edisi 12 – thn VIII)