Umur Kronologis dan Umur Biologis Manusia

Umur Kronologis dan Umur Biologis Manusia

Umur biologis adalah umur seseorang berdasarkan kematangan sel-sel biologis tubuhnya, sedangkan umur kronologis adalah umur seseorang yang dihitung mulai saat kelahirannya berdasarlan perhitungan kalender.

Dalam kenyataan sehari-hari, umur biologis bisa sama, bisa juga berbeda dengan umur kronologis. Seseorang yang berumur 40 tahun berdasarkan umur kronologisnya, mungkin akan terlihat seperti umur 25 tahun atau 30 tahun bila menjalani hidup sehat dan bahagia.

Sebaliknya, orang tersebut mungin akan terlihat lebih tua asecara bilogis bila kondisi tubuhnya tidak terawat dengan baik.

Berapa Lama Manusia Bisa Hidup?

Jika manusia menjalani hidup sehat sejak usia muda, makan tidak berlebihan, cukup gizi, tidak stress, cukup tidur, berolahraga teratur tidak berlebihan,makan sayuran dan buah-buahan mengandung antioksidan tinggi dan sediit daging, tidak merokok, tidak minum obat-obatan berbahaya, tidak minum alcohol, mempunyai berat badan ideal, terhindar dari penyakit infeksi dan kecelkanaan factor luar lainnya, berapa lama manusia dapat hidup?

Pertanyaan ini adalah pertanyaan yangbanyak diajukan oleh para ahli. Richard G. Cutler, dari pusat riset gerontology National Institute on Aging National Institutes of Health di Baltimore City Hospital, mengadakan riset dan menemukan bahwa umur maksimu manusia adalah sekitar 120 tahun. Sedangkan Dr. Shigeo Haruyama dalam bukunya, The Miracle of Endorphin, menyatakan bahwa manusia data hidup hingga 125 tahun.

Mengacu pada periode pertumbuhan otak manusia yang umunnya berkembang sampai usia 25 tahun, waktu maksimal hidup manusia adalah lima kali lama fase pertumbuhan otak. Sederhananya, 25 tahun x 5 = 25 tahun. Perhitungan ini tidak jauh berbeda dari usia manusa tertua yang pernah hidup atau masih hidup di dunia saat ini.

Umur Kronologis dan Umur Biologis Manusia

Manusia-manusia tertua di dunia, antara lain:

Jeanne Calment

23 Februari 1875-4 agustus 1997 (122 tahun 164 hari)

Shigechiyo Izumi

29 Juni 1864-21 Februari 1986 (120 tahun 237 hari)

Sarah Knauss

24 September 1880-30 Desember 1999 (19 tahun 97 hari)

Manusia tertua yang masih hidup ketika artikel ini ditulis Jiroemon Kimura, akhirnya meninggal dunia tanggal 12 juni 2013 di usia 116 tahun.