Madu Herbal dan Mafaatnya Untuk Kesehatan

Madu Herbal dan Mafaatnya Untuk Kesehatan

Sejak lama madu telah akrab dengan kehidupan manusia. Berabad-abad yang lalu bangsa mesir kuno telah memanfaatkan madu sebagai sumber makanan. Pada masa-masa selanjutnya madu tidak hanya digunakan sebagai bahan makanan, tapi dipercaya juga memiliki kandungan obat yang dapat menyembuhkan berbagai masalah kesehatan. Hal ini diperkuat dengan turunnya wahyu yang dipercaya sebagai firman Allah SWT pada masa Nabi Muhammad saw. Dalam wahyu tersebut dikatakan, “…Dari perut lebah itu keluar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusi.”(QS. An-Nahl [16]: 68-69).

Madu Herbal dan Mafaatnya Untuk Kesehatan

Penelitian oleh berbagai ahli di bidang kesehatan dan ilmu kedokteran telah membuktikan bahwa madu banyak memiliki khasiat untuk kesehatan. Di antara berbagai khasiat madu untuk kesehatan adalah sebagai berikut:

a. Madu sebagai antibiotik

Madu memiliki kandungan asam amino bebas yang dapat berperan melawan bakteri/kuman yang merugikan bagi tubuh. Kandungan ini juga mampu mengeringkan bakteri sehingga bakteri mengalami kesulitan untuk tumbuh.

b. Madu sebagai antioksidan

Konsumsi madu bersama dengan suplemen kalsium mampu meningkatkan penyerapan kadar kalsium oleh tubuh. Kalsium merupakan zat yang bermanfaat melindungi tubuh dari serangan radikal bebas.

c. Zat penambah darah

Kandungan dalam madu seperti zat besi, asam folat, dan vitamin B bermanfaat menambah kadar hemoglobin dalam darah. Penambahan hemoglobin ini sangat bermanfaat bagi penderita anemia.

d. Menyembuhkan penyakit infeksi saluran pernafasan

Menghirup madu yang telah dicampurkan dengan air panas selama lima menit dapat meringankan infeksi saluran pernafasan karena kandungan zat yang mudah menguap pada madu sangat bermanfaat untuk kelancaran pernafasan. Cara ini juga dapat digunakan untuk menyembuhkan influenza.

e. Madu sebagai pengobatan TBC

Ibnu Sina yang dikenal sebagai pakar kedokteran modern dalam suatu karyanya merekomendasikan campuran madu dengan bunga mawar untuk dikonsumsi setiap pagi sebagai langkah pengobatan penyakit TBC. Pendapat ini mendapat dukugan dari para dokter di Universitas Kuyaif (Ukraina) yang meyakini bahwa madu adalah obat mujarab untuk menyembuhkan TBC, radang tenggorokan, serta radang jaringan paru-paru.

f. Madu dapat memperkuat otot jantung

Zat gula, vitamin, dan mineral yang terkandung dalam madu mampu memperkuat otot jantung. Hal ini sangat bermanfaat untuk orang yang memiliki jantung lemah sehingga dengan mengkonsumsi madu dapat meningkatkan keterbatasannya saat bekerja.

g. Madu dapat mengatasi gangguan urat syaraf

Dengan mengkonsumsi madu penyakit seperti susah tidur (insomnia), pusing, dan ketegangan pada urat syaraf dapat diatasi.

h. Madu bermanfaat bagi lambung

Reaksi alkali dalam lambung dapat dipicu dengan mengkonsumsi madu. Reaksi ini berfungsi untuk menetralkan asam berlebih dalam lambung. Hal ini tentu baik bagi penderita berbagai penyakit yang ada pada lambung seperti maag, infeksi lambung, dan usus dua belas jari.

Demikianlah manfaat yang dihasilkan dari mengkonsumsi madu. Selain hal-hal yang telah disebutkan di atas, masih terdapat berbagai manfaat dari madu yang masih dalam tahap penelitian seperti madu dipercaya dapat menyembuhkan diare dan disentri, menyembuhkan diabetes, memperbaiki aktivitas ginjal, mengandung zat antikanker, mengandung obat gangguan kehamilan, menyembuhkan penyakit kerapuhan, mengandung zat yang mampu memperlambat penuaan, dan memiliki manfaat bagi mata dan kulit.